الثلاثاء، 18 ديسمبر 2012

FOTO KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS







GAMBAR MEDIA KARLET,PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN









MEDIA PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN



Nama Media            : KARLET
Kegunaan                   : Sebagai media dalam pembelajaran Konsep operasi  bilangan pecahan
Bahan / Alat             :
-         Karpet Baby
-         Skotlet Warna Merah
Cara Pembuatan    :
-         Siapkan karpet Baby  dan bentuk pola dengan ukuran yang dikehendaki
Sesuai dengan bilangan penyebut pada pecahan.
-         Gunting sekotlet ssesuai ukuran pada pola pecahan
Langkah-langkah penggunaan :
-         Pilih pola pada mediasesuai dengan jumlah penyebutpada bilangan pecahanyang dikehendaki
-         Lengketkan skotlet sesuai dengan jumlah pembilang padabilangan pecahan  tadi.
-         Hitunglah skotlet yang tertempel sebagai jumlah pembilang
-         Hitunglah pola secara keseluruhan baik yang tertempel atau tidak sebagai hasil penyebut pecahan.








Description: D:\Foto Media\DSC01461.JPG

RPP MATEMATIKA KLS IV KD.6.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Dalam Rangka Memenuhi Tugas UAS Mata Kuliah Matematika II







Dosen Pembimbing
AGUNG DEDILIAWAN ISMAIL ,M.Pd






Description: http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRr6jraIsye_wYntd6UKjVukQ07REQRj8FVtX55LSqkrd1AKhsk







Oleh :
RINA DWI NUR HAYATI
NIM. 201010480321083









FKIP PSKGJ-PGSD
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDN Supenuh
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                   :   IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke                    :   1-3
Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit        
                   
A.    Standar  Kompetensi      :          
6.   Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
6.2   Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan

C.    Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o   Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
Kognitif:
o  Menyederhanakan pecahan
Menyatakan pecahan sebagai pembagian
D.    Tujuan Pembelajaran**
Psikomotor
Peserta didik dapat :
§  Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
Kognitif:
Dengan tanpa membuka buku siswa dapat:
§  Menyederhanakan pecahan
§  Menyatakan pecahan sebagai pembagian

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility
E.     Materi Ajar
a.     Pecahan senilai
Kamu telah mempelajari pecahan senilai di Kelas IV. Agar lebih memahami
materi tentang pecahan senilai, perhatikan uraian berikut.
Perhatikan gambar berikut.
Berapa bagiankah permukaan yang berwarna merah pada persegi panjang -persegi
panjang berikut?
Permukaan yang berwarna merah adalah ½ bagian.



 
Permukaan yang berwarna merah adalah 2/4bagian.


 


Permukaan yang berwarna merah adalah 4/8bagian.

F.     Metoda Pembelajaran
§  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
§  ekspositori (menerangkan)
§  tanya jawab
§  latihan


G.    METODE PEMBELAJARAN
Model :  a.Jig saw                      
               b. Pembelajaran koperatif
              c. Pendekatan kontlektual
                                                 
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
               b. Pemberian tugas kelompok
              c. penegasan                     
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
§  Fase  1-3
§  Kegiatan awal
Apresepsi dan  Motivasi
 i.      Mengingat kembali konsep Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
ii.      Melakukan game yang berhubungan Menyederhanakan pecahan dari bilangan
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pecahan yang senilai
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang penyederhanaan pecahan
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pecahan sebagai operasi pembagian
F Mengeksposisi tentang pecahan senilai, penyederhaan pecahan dan pecahan sebagai pembagian
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran












I.       Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  BUKU BSE
§  Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 
§  Matematika SD untuk Kelas IV 4B,

J.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
o  Menyederhanakan pecahan
o  Menyatakan pecahan sebagai pembagian
Tugas Individu


Laporan buku pekerjaan rumah

o  Tentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
o  Sederhanakan pecahan
o  Menjelaskan pecahan sebagai pembagian



K.    Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1













































 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
Andhini Tiara S
Andrea Chasaah
Ahmad Gunawan
Dandi Satia B
Devi nur Nelita
Dimas Candra
Dinda Ruktiyasih  A
Eka Dayan  A
M.Agustin S
M.fredian A
M.Shofuan A
Nur Lafifah
Nur Ismail F
Satria Yudha P
Tri Sutrisno
Zhidan Daffa Y
Zustin Fransisca A















  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
                                                                                        Supenuh,                                              2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          KARSAN.,S,Pd                                                   RINA DWI NUR HAYATI
NIP :19570510  197803 1 009                             NIP :